Rabu, 27 April 2011

Nguping Obrolan di Warteg

Siang di Bogor hujan, hujan saat itu dalam tetesan kecil tapi pasti. Aku mampir ke warteg, nemenin makan sekalian neduh. Pesen teh manis panas, enak banget karena hawa disana saat itu dingin. Tak sengaja kudengar obrolan antara orang-orang di warteg sana, yang makan dan yang makan bahkan tukang wartegnya pun ikutan. Awalnya hanya tak sengaja mendengar, lama-lama merasa tertarik untuk mendengar. Obrolan apa?

Mereka bicara masalah NII, yang membuat menarik adalah diantara mereka ada yang mantan anggota NII. Oiya sebelumnya ada yang tau NII itu apa? NII itu Negara Islam Indonesia, yang cukup meresahkan indonesia akhir-akhir ini. Begini obrolan mereka : (bahasa diganti biar universal)

Mantan anggota NII        : ya, saya pernah jadi anggota NII sekitar taun 1997. Saya sudah keluar    sekarang tapi surat pernyataannya hilang, saya takut kalau ditangkap polisi karena ga ada bukti kalau saya sudah keluar.

Tukang warteg                  : bener? Itu tuh didoktrin yah? Emang kaya gimana doktrinnya sampe bisa ngebom-ngebom begitu?

Mantan anggota NII        : mau tau? Coba saya pinjem pulpen (dia megang koran gitu, mau nulis di koran)

Tukang warteg                  : coba pinjam pulpen om (ke salah satu pembeli)

Pembeli                               : nih (ngasih pulpennya)

Tukang warteg                  : sorry yah, abisnya saya penasaran hehehe

(dalam hati : aku juga penasaran om hahaha)

Abis dikasih pulpennya, seorang mantan NII itupun memulai.

Mantan anggota NII        : jadi gini doktrin yang waktu itu dikasih ke saya, (sambil menggambarkan) ini NII dan ini Indonesia. Kalau jadi warga Indonesia kan kalau kamu ngelakuin kejahatan, di dunia dihukum di akhirat juga dihukum. Nah kalau jadi warga NII ini, di dunia di hukum tapi di akhirat ga akan dihukum karena kamu udah ngelakuin jihad. Nah, pilih yang mana? Jelas aja waktu itu saya pilih NII dan bergabunglah saya. Waktu itutuh kalo mau masuk harus bayar mahar 30.000 rupiah, kalo sekarang sekitar 400.000 rupiah.

 begini kira-kira gambarnya


Tukang warteg                  : trus kenapa keluar?

Mantan anggota NII        : karena lama kelamaan saya sadar, masa disana tuh ga ada tempat wudlu, sejadah, pokoknya gitu deh. Karena mereka berfikir ibadah solat kita tuh udah keganti sama jihad kita. Kita itu kalo kumpul kan suka ngasih “uang kas” lah gitu. Nah dari situlah saya ga percaya dan keluar. Sumpah mas, susah banget keluar loh, tiga kali dateng aja pasti susah deh buat keluar. Kalo sekarang sih ada juga tuh NII gadungan, tuh juga lebih bahaya lagi mas. Suka ngebom.

(Dalam hati: dua-duanya sama aja, mau yang asli kek yang palsu kek)

Tukang warteg                  : ooh gitu, trus mereka tuh ngebaur kan tapi sama masyarakat laen?

Mantan anggota NII        : iya mas, tapi mereka tuh ibaratnya punya lingkup sendiri. Punya kecamatan sendiri, kelurahan sendiri, dll. Temen saya aja sekarang udah jadi mentri perhubungan NII.

Tukang warteg                  : nah itu mentri digaji? Gajinya darimana?

Mantan anggota NII        : itu dia mas, “uang kas” yang katanya buat buka usaha atau buat jihad itulah yang dimakan sama petinggi-petingginya. Gila kan? Untung saya udah keluar, tapi saya masih ngeri nih soalnya surat pernyataan keluar NII nya ilang. Susah payah saya itu buatnya juga.

Tukang warteg                  : ooh begitu jadinya

Mantan anggota NII        : iya mas, mau gabung?hehehe nanti ngebom loh (dia ketawa)

Si mantan anggota NII itupun keluar karena hujan agak mereda (tapi masih lumayan). Obrolan itupun dilanjutkan oleh pedagang dengan pembeli yang lain.

Tukang warteg                  : gila yah same kayak begitu

Pembeli                               : emang begitu mas, temennya ade saya aja jadi aneh sikapnya gara-gara NII itu, kalo suatu hari mereka ada ngaji itu dari jam 8 pagi sampe jam 10 malem. Bayangin masss!

Tukang warteg                  : buseeet sampe begitu yah

Pembeli                               : iya mas, bahkan kalau mereka lagi ada ngaji trus ada yang ganggu, mereka dihalalkan buat ngebunuh walaupun itu orangtua kita. Kan gila tuh mas.

Tukang warteg                  : lucu banget yah sampe begitu hehehe

Pembeli                               : padahal mereka cari aja yah pulau kosong dimana kek, bikin deh tuh negara

Tukang warteg                  : iyayah, jangan ganggu negara orang deh mendingan kalo mau kayak gitu

Sampai situ obrolan mereka terhenti. Hujan pun sudah reda, aku keluar dari warteg itu dan masih terbayang obrolan mereka di warteg. Betapa lucunya obrolan mereka, sedih juga. Kenapa ada yang berpikiran seperti itu? Itulah manusia. Padahal kita sudah diberi pedoman, Al-Quran dan Al-Hadits. Tinggal kita perkuat iman kita untuk tetap berpegang teguh terhadap islam dan ajarannya.

5 komentar: