Sabtu, 16 April 2011

Inflasi Tuh Apa Ya?

Balik lagi nih disini, masih dalam tema ekonomi. Kali ini kita akan bahas mengenai inflasi, keren yah bahasanya?hehe tapi apa coba artinya?nahloh bingung kaaan?hehe. pelajaran sekarang ini nyambung sama postingan yang kemaren yaitu tentang pengangguran. Ada yang tau kenapa? Pertama, dua duanya merupakan masalah ekonomi utama yang dihadapi masyarakat. Kedua, inflasi inilah penyebab pengangguran yang terjadi. Haduh haduuh gimana maksudnya tuh? Mau tau? Selamat membaca!

inflasi adalah kenaikan tingkat harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus selama waktu tertentu .  
Ada tiga komponen yang harus dipenuhi agar dapat dikatakan telah terjadi inflasi, yaitu:
1. Kenaikan harga
2. Bersifat umum
3. Berlangsung terus menerus


Berdasarkan sifatnya inflasi dibagi menjadi tiga bagian yaitu
 
1. Merayap
Laju inflasi yang rendah (kurang dari 10% pertahun), kenaikan harga berjalan lambat dengan persentase yang kecil serta dalam jangka waktu yang relatif lama.
 
2. Inflasi menengah
Ditandai dengan kenaikan harga yang cukup besar dan kadang-kadang berjalan dalam waktu yang relatif pendek serta mempunyai sifat akselerasi yang arrinya harga-harga minggu/bulan ini lebih tinggi dari minggu/bulan lalu dan seterusnya.
 
3. Inflasi Tinggi
Inflasi yang paling parah dengan dtandai dengan kenaikan harga sampai 5 atau 6 kali dan nilai uang merosot dengan tajam. Biasanya keadaan ini timbul apabila pemerintah mengalami defisit anggaran belanja.

Kenaikan harga dalam inflasi dapat diukur dengan menggunakan indeks harga. Ada beberapa indeks harga yang dapat digunakan untuk mengukur laju inflasi antara lain:

1. Consumer Price Index
Indeks yang digunakan untuk mengukur biaya atau pengeluaran rumah tangga dalam membeli sejumlah barang bagi keperluan kebuthan hidup.
rumusnya:

CPI= (Cost of marketbasket ingiven year : Cost of marketbasket in base year) x 100%

  2.Produsen PriceIndex dikenal dengan Whosale Price Index
Index yang lebih menitikberatkan pada perdagangan besar seperti harga bahan mentah (raw material), bahan baku atau barang setengah jadi. Indeks PPI ini sejalan dengan indeks CPI.
  3.GNP Deflator
GNP deflator ini merupakan jenis indeks yang berbeda dengan indeks CPI dan PPI, dimana indeks ini mencangkup jumlah barang dan jasa yang termasuk dalam hitungan GNP, sehingga jumlahnya lebih banyak dibanding dengan kedua indeks diatas.
rumusnya:

GNP Deflator = (GNP Nominal : GNP Riil) x 100%

faktor yang menyebabkan timbulnya inflasi:
 
1. DemandPull Inflation
Timbul apabila permintaan agregat meningkat lebih cepat dibandingkan dengan potensi produktif perekonomian, menarik harga ke atas untuk menyeimbangkan penawaran dan pennintaan agregat.
 
2. Cost Push Inflation or Supply Shock Inflation
Inflasi yang diakibatkan oleh peningkatan biaya selama periode pengangguran tinggi dan penggunaan sumber daya yang kurang efektif.
 
3. Domestic Inflation
Tingkat inflasi yang terjadi karena disebabkan oleh kenaikan harga barang secara
umum di dalam negeri.
 
4. ImportedInflation
Tingkat inflasi yang terjadi karena disebabkan oleh kenaikan harga-harga barang
import secara umum

Terus, kenapa inflasi mempengaruhi tingkat pengangguran? Itu karena biaya yang terus naik menyebabkan kegiatan produktif sangat tidak menguntungkan. Maka, pemilik modal biasanya lebih suka menggunakan uangnya untuk tujuan spekulasi seperti investasi bangunan dan lain-lain. Dan usaha perusahaan yang biasanya pun menjadi tidak berjalan, otomatis PHK akan terjadi dimana-mana. Inilah yang menyebabkan pengangguran tersebut.

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar