Minggu, 24 April 2011

Kopi Luwak dan Keunikannya


Temen-temen disini suka kopi atau mungkin penggila kopi? Pasti tau dong kopi unik yang bernama kopi luwak? Bukan kopi yang berasal dari daging luwak hehehe. Lalu kopi luwak itu apa yah? Penasaran dengan kopi yang satu ini? Yuk kita intip apakah kopi luwak itu.


Nih dia proses pembuatan kopi luwak:

Biji kopi dibiarkan berjatuhan, kemudian petani melepaskan binatang luwak ( sejenis musang ) dan membiarkan musang memakan biji kopi yang berjatuhan tadi, kemudian petani menunggu binatang luwak itu mengeluarkan kotoran. Apa yang akan terjadi selanjutnya, ko ada kotoran-kotoran gitu yah?hehe.

Jadi begini, biji kopi yang keluar bersamaan dengan kotoran luwak itu yang akan diproses lagi menjadi minuman kopi, yang dinamanakan dengankopi luwak. Peneliti di kanada melakukan penelitian dan membuktikan bahwa kandungan protein yang terdapat di dalam perut luwak yang menjadikan kopi berfermentasi dan matang lebih sempurna. jadi rasa yang dihasilkannya pun lebih mantap dan nikmat. Percaya ga? Cobain ajaaa hehe.

 ini dia prosesnya

Trus gimana ceritanya yah ko sampe kepikiran kesitu? Eiiitss, tentu saja ada ceritanya. Ini dia cerita di balik kenikmatan kopi luwak.

Petani yang melihat hewan luwak memakan biji-biji kopi di kebunnya. Karena kesal, petani tersebut menangkap luwak tersebut dan mencoba untuk menyembelihnya. Saat petani ingin menyembelih , petani melihat kotoran-kotoran dari musang tersebut yang berceceran di kandang tempat musang di kurung, petani berpikir mengapa biji kopinya malah berantakan di kandang musang.

Petani kemudian menyembelih dan mulai menyobek perut musang,sampai akhirnya petani membuka isi perut dari musang tersebut dan mulai saat itulah petani melihat kotoran dari sang musang sendiri, petani merasa heran, kenapa biji kopi yang di simpan tadi sama dengan yang di dalam isi perut si musang yang disembelih.

Petani tersebut menyimpulkan biji kopi tersebut adalah hasi dari pencernaan musang sendiri,yaitu kotoran. Maka petani tersebut membuka kembali kotoran-kotoran musang itu yang telah dia simpan,Petani memikirkan jika kotoran ini mirip biji kopi,apakah bisa di masak juga? Sungguh pikiran yang cerdas. Akhirnya petani ini mulai memasak kotoran musang ini. Ternyata rasa dari kotoran musang ini lebih nikmat dari biji kopi biasa, akhirnya petani langsung membuat banyak kopi luwak dan menyebarluaskan rasa nikmatnya kopi ini kepada masyarakat.

Masyarakatpun akhirnya tertarik akan cita rasa yang sangat nikmat dari kopi luwak ini. Dan sekarang, harga kopi luwak sangatlah mahaaaal. Wahwah, sungguh kopi yang sangat unik. Dan kamu perlu mencobanya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar