Kamis, 24 Maret 2011

Belajar Tentang Kebijakan Fiskal

Teman-teman, kali ini kita akan belajar mengenai kebijakan fiskal. Mungkin pada kesempatan kali ini aku akan menulis tentang arti, contoh dan tujuan dari kebijakan fiskal itu sendiri. Oke langsung saja.

Kebijakan Fiskal adalah kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah untuk mendapatkan dana-dana dan kebijaksanaan yang ditempuh oleh pemerintah untuk membelanjakan dananya tersebut untuk melaksanakan pembangunan negara. Atau bisa disebut,
kebijakan fiskal adalah kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan penerimaan atau pengeluaran Negara.

Dari semua unsur APBN, hanya pembelanjaan Negara atau pengeluaran Negara dan pajak yang dapat diatur oleh pemerintah dengan kebijakan fiskal.

Berikut contoh kebijakan fiskal:
Apabila perekonomian nasional mengalami inflasi, pemerintah dapat mengurangi kelebihan permintaan masyarakat dengan cara memperkecil pembelanjaan dan atau menaikkan pajak agar tercipta kestabilan lagi. Cara demikian disebut juga dengan pengelolaan anggaran.

Tujuan kebijakan fiskal adalah untuk mempengaruhi jalannya perekonomian. Hal ini dilakukan dengan cara memperbesar dan memperkecil:
  • ·         pengeluaran komsumsi pemerintah (G)
  • ·         jumlah transfer pemerntah (Tr)
  • ·         jumlah pajak (Tx) yang diterima pemerintah

sehingga dapat mempengaruhi:
  • ·         tingkat pendapatn nasional (Y)
  • ·         tingkat kesempatan kerja (N).

Mungkin cukup sekian mengenai kebijakan fiskal. Semoga tulisan ini dapat membuat teman-teman lebih mengerti apa itu kebijakan fiskal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar