Jumat, 14 Januari 2011

KISAH SUKSES SEORANG SOSRODJOJO

“Apapun makannya, minumnya teh botol sosro”, siapa yang tidak pernah mendengar slogan itu? Di setiap tempat makan, di warung, bahkan di pedagang pinggiran jalan pun pasti terpampang slogan ini. Ya, itu adalah produk teh dengan merk Teh Botol Sosro.
Teh botol ini menjadi bukti nyata tentang sebuah kisah sukses dalam berbisnis. Dulu, usaha ini dianggap tidak
menguntungkan mengingat kebiasaan masyarakat orang indonesia dalam hal minum teh. Budaya mengkonsumsi teh biasanya dilakukan pada pagi hari dengan menggunakan air hangat dan cangkir. Tapi seorang bernama Sosrodjojo berpikiran lain. Dia mempunyai ide untuk mengemas teh dalam bentuk botol.
Pengalaman tes cicip teh tubruk cap botolnya yang dilakukan di pasar tradisonal. Mulanya teh langsung diseduk di tempat cicip namun konsumen malah pergi karena memakan waktu lama. Kemudian muncul ide, teh-teh tersebut dibuat di pabrik dulu baru dimasukkan ke dalam tong dan kemudian dibawa mobil. Tetapi sayang, teh malah tumpah karena jalan raya yang kurang baik.
Melihat hal itu kemudian Sosrodjojo tumbuh ide yang megawali sukses bisnisnya. Dia memasukkan minuman teh itu tidak ke dalam tong melainkan ke dalam botol limun. Selain mudah dibawa, konsumen juga langsung dapat menikmati tanpa harus menunggu lama.
Dulu target dari teh botol ini adalah para supir atau pejalan kaki. Dibuatlah kemasan botol yang praktis dan disediakan di kios-kios yang ada di pinggir jalan. Teh Botol ini ditempatkan dalam boks es, sehingga menjadi dingin.
Tapi kisah ini tidak berjalan mulus tanpa kendala. Karena saat pertama kali Sosro diluncurkan, konsumen menganggapnya aneh. dalam pikiran mereka itu: sudah dimasukkan botol, pakai pendingin lagi” . Karena dulu box pendingin/kulkas bukanlah hal lazim.
Namu perlahan,dengan promosi yang tepat teh Sosro mulai menunjukkan kisah suksesnya. Masyarakat mulai merasa mendapatkan manfaat dari teh botol ini yaitu praktis, enak dan dingin. Sekarang minum teh pakai botol bukanlah hal yang tabu lagi. Dan kini, Teh Botol Sosro pasti sudah melekat di hati masyarakat indonesia.
Semoga kisah sukses ini dapat memotivasi kawan-kawan sekalian.

2 komentar: